Pengertian Virtual Office dan Tujuan Virtual Office
Virtual office atau kantor virtual sekarang sudah ada
dimana-mana, termasuk di kota-kota besar di Indonesia. Misalnya saja virtual
office di jakarta, virtual office di bandung, virtual office di semarang dan di
beberapa kota besar lainnya. Lalu apa sebenarnya pengertian dari virtual office
itu sendiri ?
Pengertian Virtual Office
virtual office adalah sebuah "ruang kerja" yang
berlokasi di dunia internet dengan kata lain tidak mempunyai kantor real, di
mana seorang individu dapat menyelesaikan tugas-tugas yang diperlukan untuk
melaksanakan bisnis profesional atau pribadi tanpa memiliki "fisik"
lokasi usaha. Kantor virtual merupakan sebuah bentuk aplikasi layanan
perkantoran dalam format virtual yang bekerja secara online, dengan begitu para
karyawan untuk bekerja bisa dari lokasi manapun dengan menggunakan teknologi
komputer seperti PC, laptop, ponsel dan akses internet tanpa harus datang ke
kantor atau dengan kata lain pekerjaan bisa di remote.
Layanan Komunikasi Kantor Virtual
Resepsionis Jarak Jauh - Sebuah tim pekerja kantor virtual
bekerja menggunakan teknologi Telepon Integrasi dengan perangkat lunak Komputer
untuk menggantikan resepsionis tradisional.
Gedung Kantor Virtual - kantor virtual memberi Anda untuk
memiliki kantor nyata di kota pilihan Anda, agar dapat digunakan untuk bertatap
muka, rapat, pertemuan dengan karyawan lain atau relasi.
Layanan Jawab / call center beroperasi dari lokasi terpusat
untuk tujuan menerima dan mengirimkan sejumlah besar permintaan melalui
telepon. Layanan telepon kantor virtual menjembatani kesenjangan antara Anda
dan klien.
Kotak suara adalah teknologi yang menyimpan pesan suara
elektronik.
Asisten Virtual - Sebuah asisten virtual sering kali
merupakan sekretaris bagi yang bekerja dari rumah, yang jarang bertemu atau
bertatap muka dengan klien.
Layanan Ruang Kantor Virtual
Alamat Profesional - Sebuah bangunan bergengsi untuk
digunakan sebagai alamat bisnis.
Alamat surat - Alamat profesional dapat digunakan untuk
menerima, mengirim surat tanpa konotasi dari sebuah PO Box.
Resepsionis – Tenaga Resepsionis sebagai ”wakil” untuk
menerima dan menandatangani paket atau dokumen.
Live Resepsionis Virtual - Sebuah layanan menjawab virtual
adalah sebuah sistem otomatis dengan resepsionis virtual hidup. Ini jenis
layanan dapat dinikmati tanpa membeli peralatan mahal.
Bisnis Meeting Space - Penggunaan ruang pertemuan sesuai
dengan permintaan (per jam, harian atau mingguan) untuk melakukan pertemuan
atau rapat.
Sebuah kantor layanan lengkap virtual akan menyediakan
internet broadband, fax, fotokopi, printer, fitur telepon tingkat lanjut,
conference call, video conferencing, lobi / ruang tunggu dan dapur.
Manfaat dari Virtual Office
Efesiensi waktu ,jelas dengan adanya kantor virtual /
virtual office kita tidak terpaku bekerja di satu tempat dengan jam-jam
tertentu, sehingga mengurangi waktu yang tidak begitu perlu seperti waktu untuk
perjalanan menuju ke kantor, dan lain sebagainya.
Efisiensi tempat , dengan virtual office anda tidak perlu
memerlukan tempat untuk menjalankan bisnis anda, karena semuanya sudah tertata
melalui virtual office.
Menghemat Biaya Pengeluaran , yang jelas ini yang menjadi
keunggulan dan manfaat yang sangat terasa bagi para pebisnis yang menjalankan
bisnisnya melalui virtual office, karena dengan begitu kita bisa mengehemat biaya
gedung (sewa/milik sendiri), maintentence, listrik, tranport dan biaya-biaya
lain yang ada pada kantor konvensional yang real/nyata.
Menyewa virtual office pada dasarnya adalah menyewa
perangkat kantor yang dianggap perlu saja. Misalnya alamat kantor, nomor
telepon, ruang meeting, atau ruang kerjanya saja.
Secara umum, sebuah perusahaan akan memiliki label seperti
ini,
PT Bikin Kantor Indonesia
Menara Rajawali Lantai 12 Sudirman Jakarta Indonesia 13240
Telp. 021 47755847
Website. www.bikinkantor.com
Melihat dari contoh di atas, PT Bikin Kantor Indonesia dapat
menyewa layanan virtual office berupa alamat dan nomor telepon saja. Tidak
perlu menyewa tempat di sana yang harga per meternya mencapai 30 juta. Standar
kantor paling kecil adalah 3 x 3 meter atau 9 meter persegi. Dengan harga 30
juta per meter per tahun, maka dibutuhkan dana sebesar 9 x 30 juta = 270 juta
untuk menyewa tempat kecil seperti itu. Padahal jika menggunakan virtual
office, biaya yang dikeluarkan hanya sekitar 500 ribu perbulan. Sehingga total
biaya selama satu tahun hanya 6 juta saja. Jauh lebih murah jika dibandingkan dengan
menyewa tempat di sana.
Tampak dari luar, PT Bikin Kantor Indonesia antara
menggunakan virtual office dengan sewa tempat akan sama. Yaitu sama-sama
memiliki alamat dan nomor telepon.
Tidak hanya alamat dan nomor telepon, hampir semua
perusahaan penyedia layanan virtual office juga melengkapi layanannya dengan
item lain seperti : ruang kerja, ruang meeting, longue, dan lainnya sehingga
akan sama persis dengan kantor secara nyata. Kita tidak lagi harus membeli
perangkat meja ruang meeting, pendingin ruangan, dan sebagainya. Sedangkan
kantor nyata, semua item tersebut harus disediakan secara mandiri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar