Laman

Selasa, 20 Oktober 2015

Jarkom 1 : Pengertian Domain Netbios

NetBIOS
Nama NetBIOS adalah sebuah nama yang berukuran 16-byte yang digunakan oleh keluarga sistem operasiWindows NT untuk sebuah fungsi atau layanan jaringan. Nama NetBIOS digunakan oleh aplikasi-aplikasi yang memakai jasa protokol dan API NetBIOS. Menggunakan nama NetBIOS jauh lebih mudah dan lebih bersahabat untuk menidentifikasi sebuah host komputer dalam sebuah jaringan daripada menggunakan angka-angka (dalam hal ini adalah alamat IP). Nama NetBIOS dapat digunakan dalam aplikasi Windows NT, mulai dari Windows Explorer, Network Neighborhood, dan juga perintah command-line net (net start, net stop, net send, dan lain-lain).
Sama seperti halnya alamat IP, nama NetBIOS haruslah unik dalam sebuah jaringan; jika tidak, maka konflik akan terjadi dan sistem jaringan tidak akan dapat berjalan dengan baik. Dalam Windows 2000/XP/Server 2003, beberapa layanan jaringan (seperti halnya NetLogon) tidak menggunakan nama NetBIOS lagi, akan tetapi telah menggunakan Domain Name System (DNS). Meskipun demikian, aplikasi-aplikasi warisan Windows NT dapat berjalan di atas Windows 2000 ke atas dengan masih menggunakan nama NetBIOS untuk mengakses layanan-layanan tersebut.

Deskripsi Nama NetBIOS
Setiap layanan yang menggunakan NetBIOS membutuhkan sebuah nama NetBIOS yang unik untuk mengidentifikasikan dirinya di dalam jaringan komputer. Nama NetBIOS terdiri atas dua buah komponen, yakni:
Nama yang diberikan pada saat melakukan instalasi sistem operasi Windows, yang memiliki panjang maksimal 15 byte. Nama yang dimaksud dapat berupa nama komputer, nama domain, atau nama pengguna yang sedang melakukan log on. 1 byte angka heksadesimal yang mengidentifikasikan jenis layanan jaringan atau fungsi tertentu. Sebagai contoh, karakter keenambelas yang mengidentifikasikan layanan Windows NT Messenger adalah 0x03 (atau 03h). Pada sebuah komputer yang menjalankan Windows NT yang memiliki nama "KARMA", maka layanan Windows NT Messenger dapat dikenali di dalam jaringan dengan menggunakan nama NetBIOS sebagai KARMA[03h].
Nama NetBIOS juga dibedakan dengan menggunakan kriteria sebagai berikut:
 Sebuah nama yang unik (unique Name), yang dapat diaplikasikan ke sebuah alamat IP
 Sebuah nama group (group Name), yang dapat diaplikasikan ke sebuah subnet alamat IP
Sebuah nama multihomed (multihomed Name), yang dapat diaplikasikan ke sekumpulan alamat IP multicast.
Tabel berikut ini menunjukan beberapa akhiran karakter keenambelas dalam nama NetBIOS dan asosiasinya dengan layanan jaringan yang digunakannya. Akhiran (heksadesimal)

   15 karakter pertama Jenis layanan Jenis nama
   00 Nama komputer Workstation service Unique Name
   00 Nama Domain Domain name service Unique Name
   03 Nama komputer Messenger service Unique Name
   03 Nama pengguna (atau alias) Messenger service Unique Name
   06 Nama komputer RAS Server service Unique Name
   20 Nama komputer File Server service Unique Name
   21 Nama komputer RAS Client service Unique Name
   1B Nama domain Domain master browser Unique Name
   1C Nama domain Domain controllers Group Name
   1D Nama domain Master browser Unique Name
   1E Nama domain Browser service election Group Name
Untuk mengetahui nama NetBIOS yang terdaftar dalam komputer, gunakan perintah command-line "nbtstat -a [alamat IP]". Dokumentasi perintah nbtstat dapat dilihat pada Windows Help.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar